Downgrade dari testing atau unstable ke stable

Created: 8 Mei 2007
Last edit: –

Sistem: Debian 4.0

Yang waktu itu pernah dicoba beberapa bulan lalu dari sebuah sistem yang terdiri dari etch (testing) + unstable, menjadi sarge (stable). Steven berdua dengan Anto.

Downgrade dari testing/unstable -> stable, atau dari stable -> oldstable, biasanya tidak didukung oleh tim Debian, “dijamin” tidak mulus, dan bisa jadi gagal atau hancur total. Tapi bisa juga berhasil.

Saat melakukan, perlu melengkapi diri dengan cara:

  • jika sistem yang ingin didowngrade adalah server remote, pastikan koneksi sedang stabil. Koneklah ke server menggunakan SSH dan 2-3 terminal, untuk jaga-jaga.
  • persiapkan sistem Debian stable maupun testing+unstable yang cukup lengkap agar kita bisa mengkopi file secara langsung ke sistem yang sedang didowngrade. Ada kalanya package manager akan gagal/hilang (apt-get, dpkg), dan kita harus membypass-nya.

Kadang-kadang akan terlibatkan kita harus mengkopi binari dan librari langsung ke /lib, /bin, /usr/lib, /usr/bin.

Kadang-kadang restart service karena libc didowngrade. Waktu itu ada 1 terminal yang tewas. Untung ada session SSH backup yang bisa dipakai untuk melanjutkan proses.

Sempat juga database dpkg hancur total, dan direbuild (atau dikopi dari sistem lain? Atau dpkg hilang/tidak berfungsi, dan harus dikopi dari sistem lain?)

Dan ada beberapa trik “kasar” lain yang harus dilakukan untuk memaksa dan mengakali proses downgrade ini.

Sayang dilakukannya sudah lama jadi tidak terdokumentasi dengan detil. Waktu itu kebetulan berhasil. Try it deh sometimes, it’s fun and educative 🙂

Resita has written 702 articles