Domain sudah terdaftar di Google Apps padahal belum diregistrasi atau didaftarkan

Bila pada saat pendaftaran domain di Google Apps terdapat keterangan “This domain has already been registered with Google Apps. Please contact your domain administrator for instructions on using Google Apps with this domain.“, artinya domain Anda telah terdaftar atau pernah ada yang mendaftarkan sedangkan Anda pribadi tidak tahu siapa yang mendaftarkan, maka silahkan ikuti instruksi di bawah ini (Anda HARUS bisa akses ke hosting domain yang akan kita verifikasi):
1. Silahkan Akses ke: https://www.google.com/a/cpanel/namadomain.com/VerifyAdminAccountPasswordReset (namadomain.com ganti ke nama domain yang sebenarnya) dan masukkan alamat email AKTIF Anda (tidak mesti harus email dari domain yang dimaksud)

 

2. Google akan meminta kita untuk merubah CNAME yang harus Anda lakukan pada hosting domain yang sedang kita verifikasi ini (CNAME diberikan oleh Google). PERATIAN: Klik tombol “I’ve completed the steps above, continue” setelah Anda melakukan perubahan CNAME (Point 3)

3. Ikuti instruksi di bawah ini untuk merubah CNAME dari control panel hosting Anda (SPANEL atau CPANEL)

a. SPANEL: Login ke SPANEL lalu masuk ke menu Domain ==> Kelola Doman dan DNS lalu klik nama domain yang dimaksud. Setelah itu, silahkan isikan CNAME record yang diberikan oleh Google tadi di SPANEL lalu klik tombol Tambah Record CNAME atau Add CNAME Record. Setelah itu klik tombol UPDATE –> SELESAI

b. CPANEL: Login ke CPANEL lalu masuk ke menu Simple DNS Zone Editor di bagian Domains. Setelah itu, silahkan isikan CNAME record yang diberikan oleh Google tadi di CPANEL lalu klik tombol Add CNAME Record

Resita has written 706 articles