Data transfer

Data transfer adalah jumlah data yang dikeluarkan oleh server untuk website Anda, diukur dalam byte (atau kilobyte, megabyte, gigabyte). Contoh, jika website Anda memiliki sebuah file HTML berukuran 50KB dan dalam satu hari terdapat 100 pageview untuk halaman HTML tersebut, berarti total data yang dikeluarkan oleh server adalah 50000KB atau 50MB.

 

Bagaimana saya melihat data transfer website saya?

Lewat web statistik. Kunjungi:

http://WEBSITEANDA/webapps/webstat

Lalu lihatlah kolom bandwidth pada laporan statistik tersebut.

Catatan: Untuk privacy, halaman ini diproteksi dengan password, Anda dapat menambahkan user/password dengan login ke control panel, mengklik Passwords, lalu Webstat Passwords.

Apakah data transfer dibatasi?

Setiap paket hosting memiliki batas data transfer per bulan yang berbeda-beda. Contohnya misalnya 10GB/bulan. Ada pula paket yang unlimited data transfer. Kelebihan data transfer bagi paket yang memiliki spesifikasi limit per bulan saat ini belum dikenakan biaya tambahan apa-apa.

Apakah transfer melalui FTP, MySQL, POP/SMTP, dll diikutsertakan dalam perhitungan data transfer saya?

Tidak. Yang dihitung saat ini adalah transfer website saja (HTTP/HTTPS) untuk semua domain/subdomain pada sebuah account hosting.

Bagaimana mengetahui data transfer melalui FTP, MySQL, POP/SMTP, dll?

Untuk SMTP, tiap email yang masuk ke domain/subdomain Anda dicatat di file subdirektori syslog/smtp_access.log pada sites/ Anda. File log mentah ini tidak dibuatkan report statistiknya, Anda dapat membuatnya sendiri jika ingin. Transfer melalui protokol lain seperti POP, FTP, dll saat ini tidak diberikan lognya dan tidak dibuatkan statistiknya.

Bukankah software webstatistik awstats mendukung format log daemon lain seperti FTP, mail, dll?

Memang benar. Namun karena tidak dihitung dalam perhitungan data transfer, maka data ini disimpan per server saja, tidak dibagikan per user. Khusus untuk SMTP, tiap domain/subdomain dapat Anda lihat laporan lognya (lihat pertanyaan sebelumnya).

Apa perbedaan antara Pengunjung Unik, Jumlah kunjungan, dan Hit?

Pengunjung Unik yaitu Jumlah IP Unik yang mengakses situs kita

Jumlah Kunjungan adalah Jumlah Kungjungan terhadap situs kita (misal sebagai gambaran mudah di intranet http://localhost, misal kita buka Firefox untuk membuka alamat tersebut, maka pada saat itu dihitung 1 pengunjung sedang mengakses http://localhost/ lalu kita buka lagi browser baru misal IE maka jumlah pengunjung pada saat itu bertambah menjadi 2)

Hit itu adalah jumlah kunjungan terhadap suatu halaman, gambar atau file di dalam situs kita (misal saat ini kita sedang membuka http://id.masterwebnet.com/profile.html, lalu diseberang sana ada user sedang membuka halaman yang sama, maka pada saat itu hit untuk halaman profil.html sudah 2 buah. Jika user tersebut beranjak ke halaman lain lalu kembali lagi ke halaman profil.html maka hit untuk halaman profil.html sudah bertambah 1 menjadi 3.

Resita has written 705 articles