Cara Update WordPress Otomatis dan Manual

Hi! Mwn’ers

Pentingya Update WordPress

Mungkin kalian bertanya-tanya bagaimana cara mengupdate WordPress baik otomatis dan manual.
WordPress selalu merilis versi terbaru dengan perbaikan dari versi sebelumnya. Anda harus selalu menggunakan WordPress karena banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  • Lebhih aman
    WordPress versi lama lebih rentan terkena serangan Hacker.
  • Mendapatkan Fitur Baru
    WordPress versi terbaru akan mendapatkan tambahan fitur-fitur baru.
  • Sedikit Bug
    WordPress versi terbaru juga disertai dengan pengahapusan bug.
  • Lebih Cepat
    Penambahan fitur baru dan hilangnya bug membuat kecepatan WordPress versi terbaru meningkat.
  • Kompatibel dengan template dan Plugin terbaru.
    Kebanyakan pengembang Plugin dan Template, WordPress menyediakan Plugin dan Template yang kompatible dengan WordPress versi terbaru.

Sebelum masuk ke penjelasan mengenai cara update WordPress secara manual dan otomatis, Anda juga perlu tahu bahwa WordPress selalu memberikan pemberitahuan update WordPress melalui dashboard.

Anda bisa klik Dashboard, lalu menuju ke menu update. Di menu update Anda bisa memasang versi terbaru WordPress dengan sekali klik saja.

Cara Update WordPress Manual

  • Backup Data.
    Sebaiknya sebelum anda melakukan update manual, anda melakukan backup data website terlebih dahulu. Untuk  antisipasi jika Anda membuat kesalahan dalam proses update WordPress versi terbaru.
  • Unduh Versi WordPress Terbaru
  • Unzip File WordPress
    Setelah mengunduh file dalam bentuk ZIP, Anda perlu unzip file tersebut menggunakan WinRAR atau WinZIP. Anda sudah unzip folder WordPress dan mendapatkan beberapa sub-folder seperti wp-admin, wp-includes, dan wp-content.
  • Buka Direktori Root Website
    Langkah selanjutnya adalah membuka direktori root website. Langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan FileZilla.
    Yang perlu Anda lakukan pada langkah ini adalah menghapus folder ‘wp-admin’ dan ‘wp-includes’ yang berada di direktori sebelah kanan.

Klik kanan pada dua folder tersebut dan pilih Delete.

  • Upload Versi Terbaru
    Pada langkah sebelumnya Anda telah menghapus ‘wp-admin’ dan ‘wp-includes’. Selanjutnya, Anda perlu mengunggah versi terbaru yang sudah Anda unduh sebelumnya.
    Di direktori sebelah kiri Anda bisa menemukan folder WordPress yang sudah Anda unduh sebelumnya. Kemudian upload ‘wp-admin’ dan ‘wp-includes’ versi terbaru.
  • Update WordPress Database
    Setelah sukses mengunggah file WordPress versi terbaru, akan muncul notifikasi dari WordPress bahwa update telah berhasil dilakukan dan diperlukan update database. Update database WordPress adalah langkah terakhir dan WordPress Anda sudah diupdate ke versi terbaru.

Cara Update WordPress Manual

untuk memasang WordPress versi terbaru secepat mungkin, Anda bisa menggunakan bantuan plugin, yaitu Easy Updates Manager.

Plugin ini akan membantu Anda untuk memasang versi terbaru dari WordPress, template, hingga plugin secara otomatis.

Jika Anda tidak ingin menambahkan plugin ke website, Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menambahkan kode di bawah ini ke file wp-config.php


define(‘WP_AUTO_UPDATE_CORE’, true);

Panji has written 21 articles