Cara Mengatasi 500 Internal Server Error

Hi! Mwn’ers

Kali ini membahas bagaimana cara mengatasi error tersebut yang menggunakan CMS wordpress

Cara ke-1 : Mengecek File .htaccess

Anda dapat melihat file .htaccess pada direktori utama instalasi WordPress. Biasanya file tersebut berada pada direktori public_html.

Kemudian, anda bisa menami ulang file .htaccess, seperti htaccess.txt. Agar dapat mengakses file .htaccess, anda dapat menggunakan file manager yang ada pada Cpanel atau menggunakan FTP Client seperti FileZilla.

Setelah selesai menamai ulang file .htaccess, cobalah membuka halaman awal website anda. jika telah berjalan normal kembali, maka silahkan untuk masuk pada dashboard WordPress, kemudian pilih menu Settings > Permalinks dan klik Save Changes yang berada pada halaman bagian bawah. Hal ini bertujuan untuk membuat file .htaccess yang baru.

Jika masih muncul masalah tersebut, silahkan periksa cara selanjutnya.

Cara ke-2 : Upgrade Limit Memori PHP

Terdapat dua cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut berdasarkan lokasi munculnya permasalahan.

1) Error muncul pada dashboard WordPress

Anda dapat meng-upgrade limit memori php melalui file php.ini dengan cara berikut :

  1. Akses folder wp-admin melalui FTP Client atau SSH Client;
  2. Buat file baru dengan nama php.ini;
  3. Buka file yang baru dibuat tersebut dan masukan kode memory=64MB (tergantung dari memori limit awalnya) kedalam file php.ini;
  4. Simpan file tersebut.

2) Error muncul pada semua halaman website WordPress.

Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara berikut :

  1. Buka file wp-config.php melalui FTP Client atau SSH Client;
  2. Tambahkan kode berikut :
    define(‘WP_MEMORY_LIMIT’, ‘64M’);

Cara ke-3 : Matikan Semua Plugin

Matikan semua plugin yang terpasang pada website anda terlebih dahulu. Kemudian hidupkan kembali semua plugin satu persatu. Hal ini dimaksudkan agar dapat menemukan plugin yang menyebabkan masalah untuk website anda. Untuk mematikan plugin, anda dapat melakukannya pada dashboard WordPress anda. Jika anda tidak bisa login, anda dapat mematikannya dengan mengakses hosting.

Setelah berhasil terhubung, buka folder /wp-content/. Kemudian rename folder plugins, misalnya menjadi nonaktif_plugins. Kemudian cek kembali website anda, jika wesbite berjalan normal dan 500 Internal Server Error tidak muncul kembali, hal ini memungkinkan disebabkan oleh salah satu plugin yang terinstall pada website anda. Ubah kembali nama folder plugins yang dimatikan menjadi plugins kembali dengan cara yang sama. Setelah itu aktifkan kembali plugin satu persatu melalui dashboard WordPress dengan memilih menu Plugins> Installed Plugin

Panji has written 21 articles