Backup di server

Local backup

Local backup di server shared hosting Spanel

Backup harian dilaksanakan setiap hari sekali. Histori disimpan sebagai berikut: 7 histori backup harian, 4 backup mingguan, 3 backup bulanan. Total 14 buah histori yang mencakup jangka waktu 3 bulan.

Selain itu database MySQL juga dibackup lebih sering (saat ini 3 jam sekali) agar jika terjadi kerusakan, dapat restore ke backup yang tidak terlalu lama.

cakupan data yang dibackup

Data yang dibackup adalah semua file di account Anda (direktori /u/<USER>) termasuk home directory (/u/<USER>/home), file-file website, email dan database, terkecuali beberapa file tertentu (lihat di bawah).

Data yang tidak dibackup adalah log termasuk log akses web (http access log), log SMTP, dan file-file berekstensi backup (~, .bak).

Untuk database, yang dibackup adalah hasil dump (*.sql untuk MySQL, *.pgdmp untuk PostgreSQL) bukan direktori mentah databasenya. Sebelum backup harian berjalan, semua database di-dump dahulu dan hasil dump-nya yang dibackup. Hasil dump disimpan di direktori yang sama dengan direktori databasenya yaitu di /u/<USER>/mysql/ untuk MySQL dan /u/<USER>/pgsql untuk PostgreSQL.

lokasi backup

Data disimpan di harddisk lain pada komputer yang sama. Untuk keamanan, user tidak diperbolehkan mengakses backup ini secara langsung lewat shell atau FTP, agar tidak ada kecelakaan terhapus tak sengaja dll. Namun user dapat merestore file-file backup ini lewat interface web control panel.

restore

Di control panel disediakan fitur untuk merestore file dari backup. Login ke control panel, lalu klik Kelola File, lalu berpindahlah ke volume Backup Terbaru atau salah satu dari Histori Backup yang tersedia untuk mencari file versi lama Anda.

Local backup di server shared hosting cPanel

Backup harian dilaksanakan setiap hari sekali. Histori sbb: 1 backup harian (sama dengan backup terbaru), 1 backup mingguan, 1 backup bulanan. Total 2 histori yang mencakup jangka waktu maksimum 1 bulan.

Data disimpan di harddisk lain pada komputer yang sama. Untuk keamanan, user tidak diperbolehkan mengakses backup ini secara langsung lewat shell atau FTP, agar tidak ada kecelakaan terhapus tak sengaja dll. Jika ingin restore, silakan hubungi admin.

Local backup di server VPS Spanel

Backup harian dilaksanakan setiap hari sekali. Histori disimpan sebagai berikut: 7 histori backup harian

lokasi backup

Data disimpan di harddisk lain pada komputer yang sama. Untuk keamanan, user tidak diperbolehkan mengakses backup ini secara langsung.

Untuk melihat daftar backup yang tersedia, silakan login ke control panel lalu ke menu Perkakas > Backup.

restore

Untuk melakukan restore backup pada akun hosting anda,maka anda dapat membuat tiket support dari akun masterkey terkait dan sebutkan restore backup mana yang anda inginkan (silakan lihat dari daftar backup, bagian sebelumnya). Kami akan segera melakukan restore untuk Anda.

Remote backup

(Maaf, layanan ini belum kami sediakan secara standar, tapi jika Anda benar-benar membutuhkannya, bisa kami setupkan khusus untuk account Anda).

Untuk remote backup harian ke datacenter lain, dikenakan biaya tambahan Rp XXX/GB/bulan.

Backup CD

Tersedia juga opsi untuk mengirimkan hasil backup ke tempat Anda melalui pos. Harga Rp 45.000/keping CD (jika menggunakan CD) atau Rp 75.000/keping DVD (jika menggunakan DVD). Jika data Anda lebih dari 3 CD, akan kami gunakan DVD. Biaya ini belum termasuk ongkos kirim, silahkan pesan di masterkey.

Jika Anda datang ke kantor kami dan membawa media eksternal seperti flashdisk, maka kami dapat mengkopikannya langsung kepada Anda (Anda mungkin harus menunggu kami mendownloadkan data backup dari server). Biaya backup sama seperti CD, jika ukurannya kurang dari atau sama dengan 1 CD maka harga backupnya adalah Rp 20.000/keping CD. Berlaku kelipatannya.

Maaf, kami tidak dapat melayani jika Anda membawa media seperti harddisk internal yang kurang praktis.

Keunggulan backup CD/DVD di MWN

  • Praktis. Anda tidak perlu melakukan apa-apa, data akan kami kirim via pos/kurir secara berkala setiap bulan (atau jika diminta).
  • Aman. Data kami proteksi dengan password sehingga tidak bisa dibuka di tengah jalan oleh orang yang tidak berkepentingan.
  • Lengkap. Semua data file di website, email di mailbox server, hingga dump database kami sertakan dalam tiap backup.
  • Terjangkau. Anda irit bandwidth dan juga tenaga/waktu. Cukup membayar biaya bulanan dan ongkos kirim yang terjangkau.

FAQ

Hardit has written 22 articles