Autoresponse

Autoresponse/autoresponder (kadang disebut juga: pesan balik otomatis, vacation message, autoreply) adalah fasilitas email yang memungkinkan kita mengirim balik email kepada seseorang yang mengirimkan email ke alamat autoresponse kita. Misalnya jika ada orang mengirimkan email ke alamat info@example.com, maka dia otomatis akan dibalas oleh pesan otomatis misalnya isinya sbb:

From: info@example.com
Subject: Terima kasih telah menghubungi saya

Kami telah menerima pesan Anda dan akan membalasnya dalam
waktu singkat. Jika butuh bantuan secepatnya, silakan
menghubungi nomor HP 0812 3456789 ...

Sementara email yang dikirim oleh orang tersebut sendiri akan masuk ke inbox info@example.com dan dapat kita baca nanti. Kita hanya memberikan fasilitas pengiriman email balasan otomatis yang gunanya sebagai konfirmasi bahwa pesan telah diterima, atau pemberitahuan lainnya. Secara tradisional, autoresponse ini sering dipakai jika seseorang berlibur atau cuti dalam waktu yang agak panjang (misalnya 1-2 minggu) dan tidak akan mengecek email, sehingga dia tidak akan dapat membalas email orang dalam waktu yang cukup cepat. Karena itu sebagai penggantinya, ia membuat pesan autoresponse untuk memberitahukan hal ini kepada orang-orang yang mengirim email kepadanya. Contoh:

From: steven@example.com
Subject: Maaf, saya sedang berlibur

Terima kasih telah mengirim email pada saya. Karena sedang berlibur dari
tanggal 10-22 Jan 2012, maka mohon maaf belum dapat membalas email Anda.
Saya akan segera merespon email Anda setelah kembali ke kantor.

Salam,
Steven

Karena itu kadang-kadang autoresponse sering juga disebut vacation message.

Untuk membuat pesan autoresponse dari control panel hosting Spanel, caranya yaitu lewat Email Manager. Kliklah Autoresp pada akun email yang diinginkan dan editlah template pesan yang tersedia.

Resita has written 705 articles