AutoBcc

Apa itu AutoBCC?

AutoBCC adalah fasilitas di mana jika salah seorang pengguna email account Anda mengirimkan email, maka Anda dapat memperoleh salinan/tembusannya otomatis, meskipun si pengguna email tersebut tidak secara eksplisit menyebutkan alamat email Anda di field To, Cc, maupun Bcc.

Perlu diperhatikan, AutoBCC saat ini hanya berfungsi jika pengguna mengirimkan email lewat:

  • sendmail (contoh: lewat perintah mail() pada PHP);
  • webmail;
  • SMTP server hosting;

AutoBCC tidak akan berfungsi jika pengguna menggunakan fasilitas pengiriman di luar server hosting, misalnya lewat SMTP ISP.

Apa gunanya?

Kegunaan paling umum yang sering disebutkan adalah untuk monitoring outgoing email atau pengarsipan. Semua email yang dikirim oleh staf perusahaan Anda dapat dikopi (untuk dimonitor, diarsip, dll), baik dengan maupun tanpa sepengetahuan staf Anda.

Bagaimana cara menghidupkan fasilitas AutoBCC?

Untuk menghidupkan AutoBCC SMTP: Loginlah ke control panel hosting. Klik menu Email –> Kelola Email. Pada domain/subdomain yang Anda inginkan, misalnya example.com atau staff.example.com, pilihlah Setting. Pada pertanyaan isian “Otomatis mengirim tembusan buta (Bcc) untuk semua email keluar via SMTP ke alamat ini: “, isilah satu atau lebih alamat email (dipisahkan koma) yang diinginkan menjadi tujuan AutoBcc. Klik Submit.

Untuk menghidupkan AutoBCC Sendmail: Loginlah ke control panel hosting. Klik menu Sunting –> Setting Akun. Pada pertanyaan isian “Otomatis mengirim tembusan buta (Bcc) untuk semua email keluar via Sendmail ke alamat ini: “, isilah satu atau lebih alamat email (dipisahkan koma) yang diinginkan menjadi tujuan AutoBcc. Klik Submit.

Avatar

Resita has written 693 articles