Alamat website dengan dan tanpa www

Hi MWN’ers

Defaultnya, account hosting diset agar alamat website dengan awalan “www.” juga dapat diakses dan merupakan alias dari alamat website yang tanpa www. Contoh: domain Anda adalah example.com, maka defaultnya www.example.com juga mengarah ke example.com (isinya sama jika diakses). Anda cukup mengupload file sekali saja ke salah satu, karena keduanya sama, dan akan dapat diakses dengan maupun tanpa www.

Tapi ada kalanya orang yang ingin agar alamat website yang tanpa www tidak dapat diakses. Keinginan ini sebenarnya kurang beralasan, karena tidak ada ruginya mempermudah pengunjung untuk mengetikkan alamat website dengan maupun tanpa www. Sebagian besar website juga mengizinkan kita mengaksesnya dengan maupun tanpa www (mis: nbc.com, detik.com, kompas.com, dll).

Namun jika Anda ingin mencoba setting seperti ini, berikut caranya. Ada dua macam alternatif yang bisa dicoba:

Alternatif 1

Ketika pengunjung mengetikkan alamat website tanpa www, misalnya example.com, maka benar-benar tidak ditemukan alamat IP-nya. Di browser akan muncul pesan kesalahan seperti “hostname not found” atau “Cannot find website address.”

Untuk melakukan setting seperti ini, Anda perlu menghapus A record dari example.com (atau, dalam kasus Anda, domain utama yang sebenarnya). Setelah login ke control panel, pilihlah DNS Manager lalu hapuslah A record untuk example.com, lalu klik Done. Perhatian: jangan menghapus record lainnya, seperti MX record untuk example.com, karena ini berarti alamat email @example.com jadi tidak akan berfungsi. Berikut gambar DNS manager yang anda harus rubah.

Alternatif 2

Alternatif kedua yang lebih ramah bagi pengguna dan lebih dianjurkan ketimbang cara pertama adalah, ketika pengunjung mengetikkan alamat tanpa www, mis: example.com, akan otomatis diredireksi ke www.example.com, sehingga alamat yang terlihat di address bar browser adalah yang dengan www.

Untuk melakukan setting ini, kita harus membuat subdomain yang dengan www tidak lagi menjadi alias, tapi merupakan subdomain biasa yang bisa berbeda isinya dengan subdomain lain.

Setelah login ke control panel, pilihlah Subdomain manager, lalu hapuslah subdomain alias www.example.com (dalam kasus Anda, ganti dengan alamat www yang sebenarnya). Lalu buatlah subdomain Empty www.example.com.

Setelah itu pilihlah File Manager dan pergilah ke direktori sites/example.com/www/. Buatlah sebuah file bernama .htaccess (titik, diikuti “htaccess”) yang isinya:

Redirect / http://www.example.com/

untuk membuat file di atas anda bisa melihat gambar di bawah ini :


(Tentu saja example.com diganti dengan nama domain Anda yang sebenarnya. Jangan lupa garis miring di akhir).

Isi file-file website sebenarnya lalu diupload/ditaruh ke subdomain www.example.com.

Kini, jika pengunjung mengakses example.com (tanpa www), oleh mekanisme .htaccess akan diredireksi ke www.example.com (alamat dengan www).

Resita has written 702 articles