Panduan pengguna cPanel-WHM 60/MySQL/phpMyAdmin

Pengertian PhpMyAdmin

phpMyAdmin merupakan salah satu software penting dalam pengelolaan database dengan menggunakan MySQL (Bahasa SQL). Sesuai dengan namanya phpMyAdmin ini ditulis dalam Bahasa pemrograman PHP. Sempat dibahas juga bahwa phpMyAdmin khusus menangani pengelolaan database dalam lingkup website (World Wide Web).

Software phpMyAdmin ini tergolong software dasar sehingga sangat cocok digunakan bagi para pemula yang ingin menekuni pengelolaan database dalam web server. Dengan sifatnya yang open source serta cross platform (dapat beroperasi di semua perangkat) tentunya menjadi keunggulan tersendiri bagi phpMyAdmin, sehingga sangat wajar bahwa mereka yang masih belajar bisa mengoperasikannya.

Hampir di semua web server juga mensupport penggunaan phpMyAdmin, selain itu dalam kondisi offline pun anda juga dapat mengoperasikannya. Cukup dibantu software simulasi semacam XAMPP dan dengan menuliskan url “localhost/phpmyadmin” maka anda sudah bisa mengelola database dengan menggunakan software phpMyAdmin.

Fitur-Fitur PhpMyAdmin

Berikut adalah beberapa fitur phpMyAdmin yang membuat software satu ini banyak digunakan:

  1. Antarmuka berbasis web disediakan bagi para pengguna phpMyAdmin. Support pada MySQL juga terus dilakukan dengan adanya fasilitas otomatis untuk membuat atau menghapus basisdata dan tabel, edit value pada tabel, serta insert data juga lebih mudah dilakukan satu persatu atau jamak. Tidak lupa juga terdapat alert sebagai identifikasi bahwa kegiatan pengelolaan database yang anda lakukan sudah benar atau tidak.
  2. Impor dan ekspor data. Sebelumnya sudah sempat dibahas bahwa anda dapat melakukan kegiatan impor ekspor file database dengan ekstensi khusus (.sql). Namun ternyata selain itu kegiatan impor dan ekspor juga bisa dilakukan dengan ekstensi CSV, XML, ISO, Spreadsheet, Word, Excel, Lateks dan masih banyak lagi.
  3. Dalam pembuatan database seringkali juga di implementasikan ke dalam bentuk grafik, dan anda dapat menyimpan grafik tersebut dalam format PDF agar dapat dianalisa lebih lanjut.
  4. Pembuatan kompleks Query juga bisa bisa dilakukan dengan fitur seperti Query By Example yang ada dalam software phpMyAdmin.
  5. Wujud dari transformasi atau perubahan data dapat disimpan menjadi format yang menggunakan satu set fungsi, seperti menampilkan blok data atau seperti download link. Pencarian data juga dapat dilakukan secara global atau menyeluruh.

Demikian penjelasan singkat mengenai PhpMyAdmin, semoga bermanfaat ya Mwn’ers 😀

Heru Setiawan has written 32 articles